Iklan Kiri

Inspirasi atau Plagiat? 10 Musisi Tanah Air ini Punya Lagu yang "Mirip" dengan Lagu Musisi Luar Negeri

Okey, ngomongin soal jiplak menjiplak rasanya lekat banget dengan industri musik tanah air, yah you know sudah banyak musisi tanah air yang terkenal berkat lagu yang manis, tapi setelah di cross check ternyata memiliki kemiripan dengan musisi luar negeri.
1
Gita Gutawa & Freshly Ground
Gita Gutawa & Freshly Ground

Penyanyi top Indonesia pertama yang lagunya diduga mirip dengan penyanyi luar negeri adalah Gita Gutawa dengan lagunya yang berjudul Doo Be Doo. Entah sudah mengantongi ijin atau gimana, lagunya ini mirip banget dengan lagu dari Freshly Ground dengan judul yang sama, Doo Be Doo, nggak percaya? Cek videonya berikut...

Gita Gutawa - Doo Be Doo






Freshly Ground - Doo be doo






Mirip banget kan?
2
D'massive & MCR
D'massive & MCR
Berikutnya datang dari jebolan A Mild Wanted 2008, dengan single hitnya yang berjudul Cinta ini Membunuhku, sontak industri musik tanah air seperti mendapat angin segar. Namun siapa sangka lagu karya Ryan CS ini memiliki kemiripan dengan band-band luar negeri, cek sendiri video berikut ini.





Gimana?










3
Last Child & Boys Like A Girl
Last Child & Boys Like A Girl
Merangkak dari jalur Indie, LC kini sudah dikenal sebagai band papan atas yang memberikan lirik-lirik mellow plus menghanyutkan dalam single hitnya berjudul Seluruh Nafas Ini, dalam single ini pula LC tidak sendiri, band top ini berduet dengan jebolan Indonesian Idol, Giselle.
Tapi siapa sangka lagu LC ini ternyata punya kesamaan dengan lagunya Boys Like Girl yang juga menggandeng Taylor Swift yang berjudul Two Is Better Than One, berikut perbandingannya.

Last Child - Seluruh Nafas Ini






Bandingin sama ini...

Boys Like Girl - Two Is Better Than One






Sama nggak?
4
Vierratale & Lostprophets
Vierratale & Lostprophets
Berawal dari pertemanan di Friendster lah yang akhirnya membentuk band asal Jakarta, bernama Vierra. Awalnya sih vokalisnya Raisa, tapi entah kenapa akhirnya posisi vokal diisi sama Widi. Band yang digawangi oleh Kevin ini akhirnya mendulang sukses lewat debut singlenya yang berjudul Dengar Curhatku yang ramai direkues di beberapa stasiun radio di Indonesia.
Namun, lagi-lagi band ini mendapat stigma negatif manakala single mereka itu memiliki kemiripan nada dengan lagunya Lostprophets yang berjudul Rooftops, berikut video klipnya...

Vierratale - Dengarkan Curhatku






Cek pada bagian reff...

Lostprophets - Rooftops






Gimana menurutmu?
5
Joeniar Arief & Leona Lewis...
Joeniar Arief & Leona Lewis...
Wow berawal dari Trio Tofu, kini Joeniar Arif mencoba eksis bermusik dengan bersolo karir, dengan debut lagu hitnya Rapuh membuat namanya semakin dikenal di kancah industri musik nasional, tapi siapa sangka lagu itu juga seirama dengan lagu karya Ryan Tedder (Onerepublic) yang dibawakan oleh Leona Lewis dan Jesse M.Cartney, berikut musik keduanya.

Joeniar Arief - Rapuh






Bandingin sama ini,

Jesse M. Cartney - Blendding Love






Mirip banget kan?
6
Aura Kasih & Sean Paul
Aura Kasih & Sean Paul
Siapa sih yang nggak kenal sama Aura Kasih, penyanyi asal Bandung ini mulai dikenal publik lewat lagunya yang berjudul Mari Bercinta, dinilai memiliki alunan yang unik, debut single milik mojang Bandung ini sontak ngetop di beberapa radio di tanah air.
Namun siapa yang menduga kalau lagunya ini memiliki kesamaan dengan lagu Sean Paul ft Eve yang berjudul Give It To You? Nggak percaya?

Aura Kasih - Mari Bercinta






Bandingkan sama ini,

Sean Paul ft Eve - Give It To You






Gimana?

7
Saint Loco & RUN DMC
Saint Loco & RUN DMC
Nggak heran kalau band cadas satu ini disebut-sebut oleh pecinta musik tanah air sebagai Linkin Parknya Indonesia, soalnya band beraliran Metal ini emang memiliki kesamaan dengan susunan personil LP.
Dengan debut singlenya berjudul Microphone Anthem, Saint Loco atau disingkat SL mampu mendobrak industri musik tanah air yang kala itu didominasi oleh musik-musik yang beraliran mellow.
Namun lagi-lagi industri tanah air harus skeptis lantaran lagunya tersebut memiliki kesamaan dengan band luar negeri, RUN DMC dengan lagunya yang berjudul, Me Myself And Microphone. Simak videonya berikut!

Saint Loco - Microphone Anthem






RUN DMC Myself And Microphone






Liriknya juga mirip kan?
8
Dewa 19 & Led Zeppelin
Dewa 19 & Led Zeppelin
Dewa 19 ini ibarat zeus bagi semua band di Indonesia, band paling fenomenal di Asia Tenggara ini ternyata memulai karirnya di Kota Pahlawan Surabaya, meski sempat gonta-ganti personli tapi nama Dewa 19 tetap mengena di hati pecinta musik tanah air. 
Dibalik ketenarannya, ternyata band satu ini juga memiliki kemiripan lagu dengan Led Zeppelin, berikut ini salah satu contohnya.

Dewa 19 - Pangeran Cinta






Led Zeppelin - Immigrant Song






Gimana, mirip nggak?
9
The Titans (Jangan Sakiti) - Cranberries (Zombie)
The Titans (Jangan Sakiti) - Cranberries (Zombie)
Band yang dibentuk oleh 2 orang personil jebolan Peterpan ini, memulai debut dengan lagu yang berjudul "Rasa Ini" dan siapa sangka lagu tersebut menjadi hit pada waktu itu, kemudian seiring dengan penggarapan materi pada album berikutnya, salah satu singlenya yang berjudul "Jangan Sakiti" memiliki kesamaan warna dengan karya the Cranberries yang berjudul Zombie.

The Titan - Jangan Sakiti






The Cranberries - Zombie






Udah tahu kesamaannya dimana?
10
Kotak & Keane
Kotak & Keane
Dikenal sebagai band dengan vokalis cewek super garang ternyata membawa kesuksesan yang sangat luar biasa bagi Kotak. Sebelum sesukses sekarang, vokalis Kotak dulunya diisi oleh Pare. Namun siapa sangka salah satu lagunya yang berjudul Selalu Cinta pada bagian reffnya memiliki kesamaan irama dengan lagu milik Keane yang berjudul Everybodys Changing...hehehehe

Kotak - Selalu Cinta






Please Wait
pub-8139380685363946

Keane - Everybodys Changing






Itu tadi sepuluh musisi top tanah air yang lagunya mirip sama musisi luar negeri, bagaimana menurutmu?

Subscribe Our Newsletter

0 Response to "Inspirasi atau Plagiat? 10 Musisi Tanah Air ini Punya Lagu yang "Mirip" dengan Lagu Musisi Luar Negeri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel